BAB III MEMANAJEMEN PROSES DESIGN

Semua orang mengetahui bahwa tidaklah mudah mendesain sebuah tampilan yang bagus karena banyak faktor yang mempengaruhi bagus atau tidaknya suatu desain tersebut. Misalkan contohnya selera yang berbeda-beda dari setiap orang, pendapat dari para ahli, ataupun software yang dipakai untuk membuat desain tersebut.

Maka dari itu, ada metode yang disebut 4 pilar desain sebagai berikut:

The four pillar of design

Image

User Interface Requirements

Mengajak dan menspesifikasi kebutuhan tampilan user adalah faktor kunci keberhasilan dalam membuat suatu desain tampilan yang baik. Oleh karena itu, kebutuhan tampilan user ini cenderung menggambarkan perilaku sistem yang ditampilkan oleh interface tersebut.

Guidelines documents and processes

Setiap proyek biasanya berbeda kebutuhannya, akan tetapi pedoman yang umumnya digunakan biasanya dalam hal sebagai berikut:

  1. Kata, ikon dan grafik
  2. Isu tampilan layar
  3. Alat input dan output
  4. Urutan tindakan(Action Sequences)
  5. Training

User-Interface Software Tools

Salah satu kendala antara pembuat desain dengan customer adalah ide yang tidak jelas dalam membuat suatu interface yang baik. Inipun kadang juga membuang waktu dan biaya yang lebih mahal dari biasanya. Oleh karena itu, antara customer dan pembuat desain disarankan membuat kesepakatan terlebih dahulu tentang software yang akan dipakai untuk membuat tampilan sehingga dapat berjalan dengan lancar dari yang telah direncanakan

Expert Reviews and Usability Testing

Pendapat para ahli kadang juga dibutuhkan dalam membuat suatu interface yang baik. Mengapa? Karena kita dapat mengecek lagi error yang sudah dialami oleh para ahli ataupun investasi yang diberikan dalam membuat interface tersebut dapat diperhitungkan jangka panjangnya sehingga dapat mengantisipasi kesalahan di masa mendatang.

Ada juga namanya participatory design yaitu desain yang menyertakan customer dalam pembuatan interfacenya.

Sisi positifnya:

-. Desainer jadi jelas mengetahui kerjanya dalam membuat desain.

-. Potensi untuk diterima apabila pekerjaan desain hampir selesai karena dapat dikompromi dengan customer

Negatifnya:

-. Butuh banyak biaya

-. Waktu yang dipakai juga tidak sedikit

-. Memaksa desainer untuk mengikuti apa maunya customer dalam membuat desain atau singkatnya customer lebih banyak campur tangan dalam pembuatan desain

Sumber: -. Slide pertemuan 3 Interaksi Manusia dan Komputer Binusmaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s