BAB IX KUALITAS SERVIS

Dalam membentuk suatu interface harus memperhatikan kualitas service dari sebuah interface yang dibuat. Misalnya : www(world wide web) berarti grafis dan kepadatan jaringan yang berdampak pada waktu respon. Hal yang paling berpengaruh adalah waktu. Waktu sangatlah berharga. Waktu respon sistem panjang atau tak terduga dapat menghasilkan: frustasi, kejengkelan,pada akhirnya menimbulkan kemarahan.  Bekerja secara cepat dan selesai secara cepat dapat  mengakibatkan pengguna : berkurangnya untuk belajar,membaca dengan pemahaman yang kurang,membuat keputusan yang dianggap salah, dan melakukan banyak kesalahan (entry data yang error).

Models of Response-Time Impacts

Response Time

Jumlah detik yang diperlukan dari pengguna saat melakukan suatu kegiatan sampai komputer menyajikan hasil pada layar.

User Think Time

Jumlah detik pengguna berpikir sebelum memasuki tindakan selanjutnya

Desainer dalam merespon waktu dan tingkat tampilan di HCI harus mempertimbangkan:

interaksi yang kompleks dari kelayakan teknis

biaya

kompleksitas tugas

harapan pengguna

kecepatan kinerja tugas

tingkat kesalahan

prosedur penanganan error

Secara keseluruhan sebagian besar pengguna lebih memilih interaksi yang cepat

Panjang waktu respon (15 /detik) menganggu produktivitas

Waktu respon yang cepat (kurang dari 1 detik) lebih dipilih, namun dapat meningkatkan kesalahan untuk tugas-tugas yang kompleks

Image

Tingkatan Tampilan

Tampilan alfanumerik: Kecepatan dalam karakter per detik pada karakter yang muncul bagi pengguna untuk dibaca.

Aplikasi World Wide Web(WWW): Tingkatan Tampilan mungkin dibatasi oleh kecepatan transmisi jaringan atau kinerja server

 

Membaca Naskah Informasi dari layar adalah teori yang menantang dan tugas presepsi

 

Teori kinerja manusia akan berguna untuk:

membuat prediksi

merancang sistem

merumuskan kebijakan manajemen

 

Keterbatasan jangka pendek dan kerja memori

 

Setiap model kognitif harus muncul dari pemahaman tentang kemampuan pemecahan masalah manusia

 

Magic nomor tujuh – plus atau minus dua

Rata-rata orang dengan cepat dapat mengenali tujuh potongan informasi pada satu waktu

 

Memori jangka pendek dan kerja memori yang digunakan bersama-sama untuk memproses informasi dan pemecahan masalah

Memori jangka pendek proses input persepsi

 

Orang belajar untuk mengatasi masalah yang kompleks dengan mengembangkan konsep-tingkat yang lebih tinggi dengan menggunakan beberapa konsep-tingkat yang lebih rendah dibawa bersama-sama ke sepotong tunggal

 

Sumber kesalahan

Solusi untuk masalah harus direkam ke memori atau diimplementasikan

Bila menggunakan sistem komputer interaktif pengguna dapat menyusun rencana dan harus menunggu waktu eksekusi dari setiap langkah

Long(1976) menemukan juru ketik terampil dan tidak terampil bekerja lebih lambat dan membuat lebih banyak kesalahan dengan waktu respon yang lebih panjang

 

Kondisi untuk optimal pemecahan masalah

Waktu respon yang panjang menyebabkan kegelisahan di pengguna karena hukuman untuk kesalahan meningkat

Waktu respon yang lebih singkat dapat menyebabkan pengguna untuk gagal untuk memahami materi yang disajikan

Indikator Kemajuan memperpendek waktu yang berlalu dirasakan dan meningkatkan kepuasan:

·         indikator grafis

·         pesan berkedip

·         detik numerik yang tersisa untuk penyelesaian

Kinerja tugas yang cepat, tingkat kesalahan rendah, dan kepuasan yang tinggi dapat berasal dari:

·         Pengguna memiliki pengetahuan yang memadai tentang objek dan tindakan yang diperlukan untuk tugas pemecahan masalah

·         Rencana solusi dapat membawa keluar tanpa penundaan

·         Gangguan dieliminasi

·         Kegilisan user rendah

·         Ada umpan balik mengenai kemajuan menuju solusi

·         Kesalahan dapat dihindari atau ditangani dengan mudah

 

Tingkatan Tampilan
Tampilan alfanumerik: Kecepatan dalam karakter per detik pada karakter yang muncul bagi pengguna untuk dibaca.
Aplikasi World Wide Web(WWW): Tingkatan Tampilan mungkin dibatasi oleh kecepatan transmisi jaringan atau kinerja server
Membaca Naskah Informasi dari layar adalah teori yang menantang dan tugas presepsi
Teori kinerja manusia akan berguna untuk:
membuat prediksi
merancang sistem
merumuskan kebijakan manajemen
Keterbatasan jangka pendek dan kerja memori
Setiap model kognitif harus muncul dari pemahaman tentang kemampuan pemecahan masalah manusia
Magic nomor tujuh – plus atau minus dua
Rata-rata orang dengan cepat dapat mengenali tujuh potongan informasi pada satu waktu
Memori jangka pendek dan kerja memori yang digunakan bersama-sama untuk memproses informasi dan pemecahan masalah
Memori jangka pendek proses input persepsi
Orang belajar untuk mengatasi masalah yang kompleks dengan mengembangkan konsep-tingkat yang lebih tinggi dengan menggunakan beberapa konsep-tingkat yang lebih rendah dibawa bersama-sama ke sepotong tunggal
Sumber kesalahan
Solusi untuk masalah harus direkam ke memori atau diimplementasikan
Bila menggunakan sistem komputer interaktif pengguna dapat menyusun rencana dan harus menunggu waktu eksekusi dari setiap langkah
Long(1976) menemukan juru ketik terampil dan tidak terampil bekerja lebih lambat dan membuat lebih banyak kesalahan dengan waktu respon yang lebih panjang
Kondisi untuk optimal pemecahan masalah
Waktu respon yang panjang menyebabkan kegelisahan di pengguna karena hukuman untuk kesalahan meningkat
Waktu respon yang lebih singkat dapat menyebabkan pengguna untuk gagal untuk memahami materi yang disajikan
Indikator Kemajuan memperpendek waktu yang berlalu dirasakan dan meningkatkan kepuasan:
·         indikator grafis
·         pesan berkedip
·         detik numerik yang tersisa untuk penyelesaian
Kinerja tugas yang cepat, tingkat kesalahan rendah, dan kepuasan yang tinggi dapat berasal dari:
·         Pengguna memiliki pengetahuan yang memadai tentang objek dan tindakan yang diperlukan untuk tugas pemecahan masalah
·         Rencana solusi dapat membawa keluar tanpa penundaan
·         Gangguan dieliminasi
·         Kegilisan user rendah
·         Ada umpan balik mengenai kemajuan menuju solusi
·         Kesalahan dapat dihindari atau ditangani dengan mudah
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s